jump to navigation

Sekolah Fatih dan Difa November 16, 2017

Posted by endah in Uncategorized.
trackback

Akhirnya sampai juga kita di Perth. Awalnya fatih dan difa udah punya COP (Confirmation  of Placement) dari Departemen Education, nah COP ini ngurusnya di kampus ayah dan prosesnya seminggu, dan bener seminggu. COP dipake buat ngurus visa dan sekolah, sebenernya bisa diurus dari Indonesia. Usia mas udah diatas 6 tahun dan udah masuk school aged jadi wajib sekolah disini. Dan Western Australia adalah satu satunya wilayah di Aussie Raya ini yang buat pendidikan SD ga bayar buat penerima beasiswa Master non Ausaid. Emang udah garisnya kami harus tinggal disini selama ayah kuliah. Alhamdulillah

Abis dapat COP dan anaknya udah sampe disini, ayah ngurus sekolah fatih ke kampus dan mengisi beberapa dokumen. Intinya mah karena kita bukan keluarga beasiswa AAS jadi ga boleh dateng langsung kesekolah.

Prosesnya lumayan lama sampai kita dapat panggilan dari sekolah yang menerima kita kalo kita disuruh dateng dan wawancara dikelas EALD (English as Second Languange/Dialect). Dari daftar sekolah sampai dipanggil buat EALD waktunya kira kira 3 minggu (anak anak udah bete kelamaan dirumah..heheh)

Setelah tes EALD nanti diemail apakah anak kita perlu kelas EALD atau engga? dan kalo ikut nanti dikasih tau berapa biaya yang harus dibayar, setelah bayar baru keluar CSOP (Confirmation School of Placement) dari TAFE. Kelas EALD untuk primary school, untuk Pre Primary dan Kindy tidak ada kelas EAL/D. 

Setelah dapat CSOP kita resmi diterima dan bisa beli seragam dan alat tulis. Kebetulan kalo di Nedlands Primary School jual seragam setiap hari selasa pagi dan cuma 30 menit, karena yang jual mommies volunteer, dari jam 8.45 sampai 9.15. Mau beli yang baru ada mau beli yang secondhand juga ada, tapi kalo secondhand kudu pinter pinter milihnya. Kalo beruntung dapat yang bagus Alhamdulillah, lumayan harganya sepertiganya untuk baju dan celana. Tapi kalo untuk tas beli secondhand hemat banyak, karena harganya 1/5 nya.

Untuk difa, karena ga wajib pake seragam, jadi bunda cuma beli baju mas aja, dan buat difa hanya beli topi baru. Jadi ngerasain beli secondhand disini ya, soalnya mahal mahal, kudu pinter pinter berhemat soalnya ayah kan mahasiswa. Lagian secondhand pun masih bagus, toh cuma dipakai 1,5 tahun aja.

Semoga betah ya nak, dan bisa belajar banyak disini..

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: